World Oral Health Day By LKMI Manado

SMILES, Live Mouth Smart! LKMI Manado

Permasalahan gigi yang tidak ditangani dengan baik dapat menjadi salah satu faktor yang memengaruhi pertumbuhan anak, karena anak dengan masalah pada gigi memiliki kesulitan pengunyahan sehingga dapat mengganggu proses penyerapan nutrisi . Berdasarkan RISKESDAS 2013, sekitar 53,1% penduduk Indonesia mengonsumi makanan/minuman manis lebih dari 1 kali dalam sehari. Konsumsi minuman manis terutama menjelang waktu tidur akan menyebabkan permasalahan Early Childhood Caries. Penelitian menunjukkan anak dengan permasalahan Early Childhood Caries, memiliki berat badan 80% lebih rendah dibanding dengan berat badan ideal.
Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent. MDSc., Division Head for Health & Wellbeing and Professional Institution Unilever Foundation, mengatakan, “Sebagai salah satu mitra global resmi dari FDI World Dental Federation di peringatan WOHD 2017, Pepsodent secara konsisten menyebarkan kebiasaan baik dalam memelihara kesehatan gigi dan mulut. Melihat kondisi kesehatan dan perilaku masyarakat Indonesia dalam menjaga kesehatan gigi dan mulutnya Pepsodent bersama PDGI melakukan edukasi tiga cara tepat dalam menjaga dan merawat kesehatan gigi dan mulut.”
“Ketiga kebiasaan baik tersebut adalah menggosok gigi dua kali sehari pada pagi dan malam hari sebelum tidur; melakukan pemeriksaan gigi rutin setiap enam bulan sekali; serta menjauhi faktor risiko yang dapat mengakibatkan kerusakan gigi. Dalam upaya untuk mencapai perubahan perilaku yang lebih baik, pembiasaan yang kami lakukan mengintegrasikan Pembiasaan Hidup Bersih Sehat melalui ragam kegiatan menyenangkan termasuk memanfaatkan teknologi dalam proses edukasi.”
“Kesehatan gigi dan mulut tidak hanya berpengaruh pada kesehatan secara umum, tetapi juga mempengaruhi setiap aspek dari kehidupan kita (hubungan personal, rasa percaya diri maupun menikmati enaknya makanan). Untuk itu, diperlukan kerjasama menyeluruh lintas sektor, mulai dari pihak swasta, PDGI, dan Pemerintah untuk membuat program yang membentuk perubahan perilaku holistik dalam memelihara kesehatan gigi dan mulut.
Bertepatan dengan perayaan WOHD 2017, Pepsodent, PDGI, dan Pemerintah (Kementerian Kesehatan) akan terus bekerjasama untuk upaya Pembiasaan Hidup Bersih Sehat yang terintegrasi dan holistik. Perlu dilakukan upaya promotif preventif berkesinambungan melalui program UKS dan UKGS yang dibina oleh anggota PDGI Cabang dan kader PUSKESMAS. Dalam perjalanannya, kami akan memanfaatkan teknologi untuk menyukseskan kegiatan promotif preventif. Dengan metode tersebut, proses edukasi menjadi lebih menyenangkan dan anak – anak lebih mudah paham,” imbuh drg. Hanum.
“Kita sadar bahwa kesehatan gigi dan mulut berpengaruh pada kesehatan secara umum, oleh karenanya, saya mulai mengenalkan kebiasaan menjaga kesehatan gigi dan mulut sejak anak berusia dini. Bukan hal mudah memang, perlu kreatifitas dan konsistensi orang tua dalam menerapkan pembiasaan hidup sehat. Selain memberikan contoh, kita sebagai orang tua juga perlu memikirkan cara yang tepat dan menyenangkan buat anak-anak.” (Rifki, Direktur Lkmi manado)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

World Kidney Day By LKMI Manado

LK Kes Lkmi Hmi Manado

Pekan Ilmiah LKMI Manado tentang Perlindungan Hukum Bagi Profesi Tenaga Kesehatan