Pulau Nain, Desa Binaan LKMI Manado

Pulau Nain Sebagai Desa Binaan

Ditetapkan pada bulan Maret tahun 2016 ketika lkmi manado melaksanakan kegiatan bakti sosial di pulau nain. Pulau tersebut berada di kabupaten minahasa utara, provinsi sulawesi utara.

Secara geografis, Pulau Nain (Naen) adalah salah satu pulau dari lima pulau yang masuk dalam wilayah "segitiga terumbu karang" Taman laut Bunaken yang memiliki 390 species terumbu karang, berbagai species ikan, moluska, reptil dan mamalia laut. Sebaran terumbu karang itu selain di Naen, juga di pulau Manadotua, Mantehage, Siladen dan Bunaken. Konon, ekosistem laut Indonesia terwakili di Taman Nasional Bunaken karena terdapat padang rumput laut, terumbu karang dan ekosistem pantai.

Pulau Nain dihuni oleh Suku Bajo, suku yang terkenal sebagai pengembara laut dan hidupnya tergantung pada laut. Bahkan menjaga laut dari kerusakan atau pencemaran. Rumah panggung mereka pun kebanyakan didirikan di atas laut bukan di daratan. Suku Bajo juga hidup di Wakatobi, bahkan di Thailand, Pilipina yang katanya menggunakan bahasa bajo yang mirip.



z

Komentar

Postingan populer dari blog ini

World Kidney Day By LKMI Manado

LK Kes Lkmi Hmi Manado

Pekan Ilmiah LKMI Manado tentang Perlindungan Hukum Bagi Profesi Tenaga Kesehatan