Pekan Ilmiah LKMI Manado tentang Ancaman Dokteroid


Pada hari Sabtu,10 Februari 2018 yang lalu,LKMI Manado melangsungkan diskusi yang berjudul “Ancaman Dokteroid bagi Kesehatan Masyarakat”.  Dengan pemateri yaitu Dr.Erwin Kristanto,SH,Sp.F dan AKBP Arya Perdana bertempat di Cafe Tampadudu. Diskusi ini membahas tentang masalah yang kini sedang hangat di masyarakat tentang dokteroid.

Sesi Tanya jawab
Kesimpulan yang dapat ditarik dari diskusi ini adalah Dokteroid merupakan orang yang tidak memiliki kompetensi atau tidak memiliki izin yang melakukan praktik dan tindakan sebagai dokter. Hal ini merupakan hal yang sering terjadi di masyarakat dan bersifat merugikan. Untuk mengatasinya,masyarakat dapat berperan serta melalui sistem pelaporan bila terdapat saksi dan bukti yang jelas

Menurut Dr. Erwin Kristanto,SH,Sp.F,”Kegiatan ini patut diapresiasi karena kasus-kasus dokteroid sering terjadi di masyarakat namun karena kurangnya wawasan dan kesadaran dapat mengancam kesehatan masyarakat. Kedepannya semoga diskusi seperti ini tetap dilaksanakan dengan mengangkat topik-topik yang sedang hangat dengan lebih baik lagi.”


Ketua Komisariat kedokteran unsrat HMI Cab. Manado memberikan sertifikat kepada pemateri Dr. Erwin Kristanto

Sedangkan menurut AKBP Arya Perdana selaku wakapolres kota Manado,”Kasus-kasus ini memang sering terjadi terutama pada klinik kecantikan. Masyarakat bisa melaporkan ke pihak yang berwenang jika ditemukan indikasi praktik dokter ilegal sesuai sistem pelaporan karena ada ancaman hukum.”


Ketua Komisariat kedokteran unsrat HMI Cab. Manado memberikan sertifikat kepada pemateri AKBP Arya Perdana

“Semoga dengan pelaksanaan diskusi mengenai dokteroid ini dapat meningkatkan kesadaran dan profesionalitas kita untuk bertindak sesuai kompetensi masing-masing.” Tutur Muh. Irsan Hidayat selaku koordinator kegiatan

Foto Bersama Pemateri dan Peserta diskusi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

World Kidney Day By LKMI Manado

Pekan Ilmiah LKMI Manado tentang Perlindungan Hukum Bagi Profesi Tenaga Kesehatan

LK Kes Lkmi Hmi Manado